KCB @Negeri Sakura Hamamatsu part 2

Cinta itu fitroh

semua butuh cinta

setiap orang butuh mencintai

dan butuh dicintai

cinta yang benar adalah cinta karenaNya

……………………..

Menyambung sebelumnya masih tersisa beberapa pertanyaan

Seorang ibu bertanya” Dalam KCB di situ Ana alfatunisa mengajukan syarat saat dikhitbah oleh Furqon” Dulu saya pas nikah ga tau kalau akhwat boleh mengajukan syarat, kalau tahu dulu juga mau mengajukan syarat(spontan peserta *gerr dengan tawanya), yang saya tanyakan apakah secara syar`i memang boleh mengajukan syarat seperti itu? dan ketika syarat itu dilanggar apakah otomatis jatuh talak?” pertanyaan kedua, Dalam karya-karya kang abik semua berbau cinta apakah akan selamanya terus begitu?

Setelah dipersilahkan oleh moderator pak Lukman, kang abikpun menjelaskan

Dalam Islam memang diperbolehkan mengajukan syarat kepada calon suami ataupun sebaliknya, namun itu bukan yang membatalkan pernikahan ataupun yang bisa menjatuhkan talak, hanya untuk kebaikan bersama saja. Misalnya seorang wanita boleh meminta syarat “saya setelah nikah  mohon diijinkan untuk tetap bekerja untuk menafkahi adik-adik saya yang masih sekolah karena sudah yatim, sedang kamu(suami) menafkahi aku sebagai layaknya seorang istri.

Jika syarat yang diajukan wanita itu disetujui sebelum menikah, maka seorang suami harus mematuhi, namun ketika suatu saat syarat itu tidak bisa terpenuhi makan tidak otomatis jatuh talak, semua tergantung suami istri. Maka saling memahai dalam rumah tangga hal yang sangat diperlukan^_^

Selain itu kang Abik juga ingin melurskan tentang poligami, yang mana karya sebelumnya dalam film ayat-ayat cinta, Fahri berpoligami sebetulnya itu tanpa sepengetahuan skenario kang Abik.(ceritanya panjang nanti di Kansai akan dikupas habis masalah ini ditunggu aja ^_^)

Untuk karya-karya saya yang semua tentang cinta, di depan sudah saya jelaskan “bicaralah kepada manusia dengan apa yang sedang asyik di dibicarakan saat ini ibu-ibu sangat suka dengan sinetron2 cinta, maka saya gunakan cinta sebagai pembuka selanjutnya tugas kita bersama.

Saya gambarkan dalam perjuangan para wali songo saat menyebarkan islam di Indonesia, karena saat itu masyarakat indonesia terutama di Jawa sangat suka dengan mahabarata, maka para wali menggunakan wayang kulit untuk berdakwah, namun cerita dari mahabarata sudah diluruskan sesuai Islam.

Misalnya dalam Mahabarata sesungguhnya Durupadi adalah istri dari  semua pandawa lima, alias poliandri(berisuami 5 ), Nah dalam islam ini tidak boleh. Maka para wali meluruskan dengan Durupadi hanya istri dari pandawa lima yang paling tua. Jadi cuma satu suaminya.

Dalam cerita selanjutnya pandawa lima yang laen membela Durupadi sebagai bakti seorang adik, bukan seorang suami. (Dalam Mahabarata sesungguhnya pandawa lima membela Durupadi sebagai seorang suami)

Seperti juga dalam KCB kemarin, para pemainnya tidak asal comot tapi diadakan audisi diseluruh wilayah Indonesia, dan syarat utama pemain KCB adalah harus bisa baca Qur`an dengan baik.

Saya banyak diprotes oleh para ustadz” Kang Abik kamu ini gimana? banyak  anak-anak muda  yang datang  untuk diajari baca Qur`an , ketika ditanya untuk daftar audisi film KCB, kalau gitu kan niatan belajarnya kurang benar”

” Itu tugas kamu untuk selanjutnya, tugas saya hanya membuka, yang meluruskan ya kamu, yang penting mereka punya semangat belajar baca Qur`an dulu, selanjutnya tugas kita semua untuk meluruskan” terang Kang Abik.

Setelah tuntas dijawab, moderator melemparkan kepada peserta kembali untuk bertanya. Seorang peserta kembali bertanya” Dalam KCB saat Azzam mau melamar Ana Alfatunisa disitu pamannya yaitu Kang Abik sendiri menjawab “Apakah pantas seorang master (sedang kuliah S2)mendapatkan kamu yang hanya kuliah sambil  jualan tempe? Bukankah nikah itu tidak memandang jenjang pendidikan ustadz? Kira-kira seperti itu pertanyaannya.

Maksud saya dalam pernyataan itu misalnya seorang  Doctor, hafal Qur`an  dan sholeh mau dijodohkan dengan seorang laki-laki yang “mbeling” dengan harapan agar laki-laki tadi bisa diarahkan dan menjadi sholeh dan lurus, ya kalau hasilnya seperti itu kalau sebaliknya ? maka akan sia-sia dan rugi, potensi si akhwat tadi mubadzir”. Itu yang saya maksudkan dalam KCB  “hanya penjual tempe mau melamar Ana”tambah Kang Abik

selesai acara di hamamatsu ustadz tak kalah dari artis biasa.

”ustadz foto bareng dulu  onegaishimasu” sapa para peserta yang hadir ikhwan maupun akhwat. (onegaishimau: bahasa permintaan dengan halus )

Tak bosan-bosannya, dengan style yang berbeda-beda tak hanya sekali duakali bakat narsis dari semua peserta berfoto ria. Namun tidak dengan panitia lho..hehe ga beda maksudnya:-D

”Ini terakhir dengan panitia tadz” usulku. Senjata pamungkas  aja karena dari tadi ga dapet kesempatan cos ”diserobot”peserta terus. Ga enak kalau panitia kok ga ngalah.

Akhirnya setelah foto-foto . tidak puas dengan itu

”tadz minta tanda tangan donk”

”Di sini tadz” sapa beberapa peserta menunjuk lokasi tanda tangan di salah satu bagian kaos KCB yang dijual panitia.

”sini aja tadz” sapa salah satu peserta juga dengan menunjuk salah satu pojok diary nya.

Agak heran dengan salah satu peserta ” tadz minta tanda tangan di sini”

”baeek” logat lembut dan pelan jawab kang abik.

Kenapa heran karena tanda tangannya di topi:-D

Selesai sudah agenda acara di Hamamatsu dengan rasa puas dari panitia. Yang semula pada pesimis bakalan tidak banyak yang datang karena barengan sama konser band. Tapi dengan kekuasaan Allah menggerakkan hati akhirnya peserta lumayan banyak.

Kang abikpun diantar ke eki naik shinkansen bersama pembina IPTIJ.

next KCB @Nagoya……..the end

One response to this post.

  1. wah, menarik…
    thanks ya sharingnya… jadi mau ketemu kang abik juga heeeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: