bonenkai

Sudah menjadi tradisi setiap perusahaan di Jepang setiap akhir tahun pasti ada acara bonenkai. Acara makan-makan dan ucapan terimakasih dari sacho. Acara makanan kas jepang sashimi pasti keluar. Setalah itu dilanjutkan acara nyanyi-nyanyi dll.

Sashimi itulah makanan kas jepang dan makanan yang sangat terkenal selain itu makanan itu sangat mahal. Ikan mentah  alias sasimi pasti keluar pertama kali. Semangkuk sashimi keluar semua pada menikmati  enaknya makanan mahal itu, saya hanya memandang dan menyiapkan perut. Belum makan aja sudah mungkuk-mungkuk.

Berbeda dengan teman saya dengan lahapnya semangkuk di lahap hampir habis,  baru saya mau berusaha menyiapkan perut. Akhirnya kucuba “bismillah” separuh ikan ku coba masukkan ke mulut. Alhamdulillah aman. Separuh kedua, langsung mau keluar.

Akhirnya kutinggal dan akhirnya kumasukkan ke cawan yang sudah siap dipanaskan dengan api kompor di atas meja.

Tahap kedua keluar ikan mentah,sayur, jamur,tahu ,some dll semua mentah, tapi tenang yang tahap kedua sudah siapkan cawan besar yang di rebus airnya sampai mendidik, sembari masih dipanasi dengan kompor semua bahan tadi dimasukkan, termasuk sashimi saya yang cuma kemakan satu biji tadi.

Kalau yang kedua ini sungguh nikmat, empuk , gurih sampai perut sangat kenyang. Tak kira tahap ini selesai ternyata tidak, masih ada tahap 3, air yang digunakan untuk memask ikan ,some, sayur dll tadi, dimasuki nasi dan bumbu-bumbu ala jepang, dinanak sebentar kemudian dimasuki telur mentah, jadi bubur deh, walau sudah kenyang tapi semerbak bau yang enak menggoda juga, akhirnya dua mangkukpun ke lahap habis. Hehe.

Dan perut benar-benar kenyang. Namun masih ada penutup lagi, buah. Dan ini benar-benar terakhir kemudian pamitan, pulang dengan perut kenyang. Alhamdulillah aman tidak suruh nyanyi, cos saya kurang suka kalau suruh nyanyi:-D.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: