Iedul Adha ku di Negeri Sakura

27 November 2009 , hari yang tidak akan terlupakan mungkin dalam hidupku. Hari raya adalah hari kemenangan bagi seorang mu`min. Berbahagia dan saling berucap selamat adalah suatu yang dilakukan dalam hari-hari raya tersebut. Semua senyum bahagia, libur bersama keluarga dan menikmati hidangan saat idul adha karena menerima daging kurban.

Tak seperti tahun yang lalu diperusahaan pertama saya bisa mendapatkan ijin  untuk sholat iedul adha. Di perusahaan baruku ini karena saya baru pindah 3 bulan ini. Minta ijin untuk libur tidak diijinkan. Ya semua adalah skenario Allah harus saya terima dengan ikhlas. Pagi hari lihat status di facebook teman-teman saling berucap selamat dan ucapan maaf. Sayapun tidak mau ketinggalan. Berucap selamat dan minta maaf.

Tibalah waktunya saya berangkat ke perusahaan. Dengan langkah  yang berat tetap ku langkahkan kaki ini. Suasana di perusahaan rasanya juga berbeda. Namun hati masih tetap bertahan dan menikmati kerjaan seperti biasa. Namun tetap saja ada ganjalan. Saat jam 8 saya teringat saat ini di Indonesia sedang melaksanakan sholat id, cos biasanya kalau di tempat saya jam 6 sudah pada siap-siap dan dimulai. Ingatan itupun selalu teriang-iang. Jam 10 teringat kembali saat ini di masjid-masjid dan tempat laen di daerah jepang pasti sedang sholat  ied. Biasanya di Jepang jam segitu sambil menunggu jama`ah. dan Kalau di Jepang biasanya habis sholat ada menu makanan yang bisa kita nikmati.

Sampailah jam 5 dan tiba saatnya pulang “Alhamdulillah” ucapan itupun terucap dalam hati saya akhirnya saya bisa melewati hari yang bersejarah ini.  Sampai rumah langsung buka FB dan Metro TV, melihat foto-foto sahabat di Indonesia dengan penyembelihan kurbannya. Serta berita di Metro masalah kurban. Hati menjadi  kembali bergejolak, rasanya………

segera ku ambil air  wudhu dan segera ku laksanakan sholat maghrib. Karena mengajak berkali-kali teman untuk jama`ah dan tidak bangkit juga, akhirnya ku sholat sendiri. Habis sholat dalam dzikir dan do`a hati sudah tidak bisa bertahan. Akhirnya keluarlah buliran bening itu. Dan suarapun tak terbendung.  Ku tahan-tahan sampai akhirnya ga bisa tertahan juga.  Temanku nyusul sholat disampingku, sholat sendirian cos saya sudah selesai. Akhirnya bertambah tak tertahanlah suara tangis dan air mata ini. Yang akhirnya temanku repot mencarikan sapu tangan dan menasehati ” Wis meneng-meneng tinggal setahun maneh , ndang bali kok” berkali-kali dia bilang gitu, tapi hati ini tak kuasa untuk menghentikan aliran air mata dan suara. Akhirnya temanku pergi. Akupun terus bermuhasabah.

“Ya Allah apakah saya ini orang yang wahn? tanya dalam hatiku. ya Allah ampunilah aku ya Allah”do`aku di keheningan hati. Berulang-ulang kata itu terucap dalam hati ini. Namun hati kembali bertanya” masihkah harus  kuteruskan saya di negeri ini yang membuatku jauh dari Engkau?” hatiku terus bertanya dan bertanya. Dan hati ini kembali menjawab “Kalau saya pulang , orang-orang yang kucintai adek,ayah,ibu . Dan siapa yang akan membantu adek-adek asuhanku ? siapa yang akan membantu mereka”

Ya Allah semoga pengorbananku ini bisa membahagiakan orang-orang yang saya cintai. Kebahagiaan mereka adalah kebahagianku ya Allah. Terakhir kumengharap ya Allah semoga pengorbanan ini bisa menghantarkanku memenuhi undanganMu untuk ke tanah Suci melaksanakan ibadah rukun islam ke 5.amin ya Rabb

2 responses to this post.

  1. Posted by Adekmu on November 28, 2009 at 12:34 pm

    Aku hanya bisa berharap semua yg terbaik utkmu mas….karena ikatan persaudaraan kita begitu kuat….ikatan hatipun juga smg akan tetap di jaga oleh Allah…..aku sll merasakan apa2 yg kamu rasakan….ketika kamu sedih…aku juga merasakan sedih itu…dan ketika kamu bahagia…aku juga ikut bahagia:) selamat berjuang mas…smg Allah berikan yg terbaik utkmu dan utk kluarga kita:)amin….

  2. Jazakumullah do`anya

Leave a Reply

