Keutamaan menjenguk orang sakit

Seminggu yang lalu nikmat sakit yang Allah berikan padaku alhamdulillah terlewati semoga bisa meningkatkan iman dan taqwaku kepada Allah SWT. amin. satu minggu menikmati sakit alhamdulillah banyak hikmahnya. Dua saudaraku kemarin telah menjenguk saya dan mendo`akan saya. Dan sedikit memberikan tausyah tentang keutamaan menjenguk orang sakit. Namun  temen-temenku seperjuang di Negeri Sakura malah belum ada yang menjenguk. Hati ini mungkin diliputi syaithon  karena sempat bersu`udzon”kenapa mereka tidak menjenguk saat aku sakit ya?” .  Namun saya segera beristighfar “mereka mungkin lagi sibuk, banyak agenda danudzur syar`i lainya, dan saya berfikir memang saya siapa? kok harus dijenguk dan lain sebagainya.:-(  Ada beberapa orang yang telphon kasih semangat dan do`a.  Rasanya menjadi obat, Sahabat maafkan saya yang telah bersu`udzon kemarin. Sebetulnya bukan jengukkan yang kuharapkan tapi kewajiban mereka belum dilaksanakan terhadap saudaranya, takut kena dosa karena tidak melaksanakan kewajibannya.7 Kewajiban seorang muslim terhadap saudaranya.salah satunya adalah itu.

‘Nabi menyuruh kita 7 hal dan melarang kita 7 hal.  Beliau menyuruh kita untuk mengantarkan jenazah, menjenguk orang sakit, memenuhi undangan, menolong orang yang teraniaya, melaksanakan sumpah, menjawab salam dan mendoakan orang yang bersin.  Dan beliau melarang kita memakai wadah yang terbuat dari perak, cincin emas, kain sutra, sutra halus, kain bersulam sutra dan sutra tebal’ (HR Bukhari)

Dan hadist yang menyebut keutamaan menjenguk orang sakit :

Tsauban (budak yang dimerdekakan oleh Rasulullah) meriwayatkan kepada Rasulullah, meriwayatkan  bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka ia berada di taman buah Surga sampai ia kembali” (HR Muslim)

Jabir bin Abdillah mengatakan, ‘Aku mendengar Nabi bersabda:  “Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka ia telah menyelam didalam rahmat, hingga ketika ia duduk, maka ia tenang di dalamnya” (HR Bukhari)

Dalam riwayat lain disebutkan,

“Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka ia telah menyelami rahmat.  Kemudian apabila ia duduk di sisinya, maka ia berkubang di dalam (rahmat) itu.  Dan ketika ia keluar, maka ia telah menyelami rahmat hingga ia kembali ke rumahnya” (HR Ibnu Abdil Bar, At tamhid, 24/273)

Sementara Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah berfirman pada hari kiamat kelak, ‘Hai Bani Adam, Aku sakit tetapi engkau tidak menjenggukKu’  Ia lantas bertanya, ‘Ya Tuhanku, bagaimana aku menjenguk-Mu sedangkan Engkau adalah Rab alam semesta?’  Allah pun berfirman, ‘Bukankah engkau tahu bahwa hambaKu si fulan sedang sakit, tetapi engkau tidak menjenguknya?  Bukankah engkau tahu bahwa seandainya engkau menjenguknya, maka engkau akan menemukan Aku disisinya?’” (HR Muslim)

Ali bin Abi Thalib berkata, bahwa ia mendengar Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa mendatangi saudaranya sesama muslim dalam rangka menjenguk (yang sakit), maka ia telah berjalan di kebun buah Surga sampai ia duduk.  Lalu ketika duduk, maka ia telah dilimpahi rahmat.  Jika hal itu terjadi di waktu pagi, maka 70.000 Malaikat akan membacakan shalawat kepadanya sampai petang hari.  Dan jika hal itu terjadi di waktu petang, maka 70.000 Malaikat akan membacakan shalawat kepadanya hingga pagi hari” (HR Ibnu Majah)

Untuk sahabatku yang saya cintai karena Allah SWT syukron jidan, selama sakit kamulah yang sering sms bahkan setiap hari, memberikan semangat dan obat yang luar biasa. Walau mahal kamu juga telphon dua kali. Semoga Allah yang membalasnya, saya sangat berharap kepada Rabb semoga kita bisa menjadi sahabat sejati di dunia dan di Jannah kelak amin ya Rabb.

Semata-mata kita hanya mengharap ridho Allah SWT. Apapun langkah kita tetaplah kita rajut ukhuwah untuk menuju Jannah.:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: