Memberilah sebanyak-banyaknya…….

Laskar Pelangi, sebuah judul film yang populer dengan cerita dari orang-orang miskin. Cerita yang diambil dari sebuah desa terpencil dan terbelakang namun siapa sangka bisa menembus pasaran konsumen dengan berhasil. Film bagus tidak identik dengan cerita yang wah, serba mewah dan artis yang terkenal. Namun nilai yang dikandung dalam alur cerita itu yang lebih utama tentunya. Kita pastinya sudah nonton semua dan bisa mengambil hikmah dibalik cerita film tersebut. Betapa gigihnya semangat anak-anak miskin dalam cerita tersebut.  Harusnya kita lebih menggelora untuk senantiasa menuntut ilmu dengan kemudahan-kemudahan yang kita miliki.

Satu pesan yang disampaikan dalam film tersebut dengan penekanan dua kali oleh sang guru.” Jadilah Manusia yang memberilah sebanyak-banyaknya, buksn ysng menerima sebanyak-banyaknya” Itu lah satu pesan yang sampai dua kali disampaikan oleh sang guru. Sebuah pesan yang dahsyat untuk kita renungi. Seperti sabda Nabi SAW. Tangan di atas jauh lebih baik daripada tangan di bawah.

Memberi tidak sekedar materi, memberi di sini konteknya luas bisa berupa tausyah, nasehat,ilmu, kata-kata yang menyenangkan.,dll Namun memberi harta kita dan sedikit kebahagian tetaplah mempunyai nilai yang lebih. Subhanallah Allah mengajarkan kita untuk senantiasa berusaha dan berusaha tidak tergantung pada orang lain. Kita harus bisa mandiri menjalanii hidup ini. Kita harus bisa saling memberi, saling memberikan manfaat bagi yang lain. Kalau semua orang bisa berfikir seperti itu maka tidak ada satu orangpun yang akan mau menerima bantuan dari yang lain, semua akan berlomba-lomba untuk bisa memberi, mereka akan saling berfastabiqul Khoirot. Subhanalah pemandangan yang indah kalau semua itu bisa terwujud. Mereka akan berusaha dengan segala cara untuk mendapatkan rizki yang halal untuk bisa memberi sebanyak-banyaknya. Tidak akan ada penganguran, tidak akan ada kemiskinan. Pemerintah tidak perlu repot-repot membuat program pemberantasan kemiskinan. Para pejabat tidak perlu mengumbar janji palsu demi pemenangan partai atau jabatannya. Mereka akan lebih sedikit menanggung dosa. Bisakah kita memulai dari diri kita sendiri?

Tetaplah bermimpi untuk menggapai kebahagian yang hakiki. Mimpi hari ini adalah  kenyataan esok hari. Dan kenyataan hari ini adalah mimpi kita kemarin. Tetaplah semangat menuntut ilmu. Gelorakan dan bakar semangatmu menggapai cita-citamu. Setiap orang harus punya mimpi. Kalau tidak punya mimpi berati kegagalan anda dalam hidup. Mimpi bukan lah angan-angan namun mimpi adalah cita-cita kita, pemacu semangat hidup kita. Kalau kita bermimpi masuk Jannah tentunya kita akan selalu  beriman dan bertakwa kepada Allah dimanapun kita berada dan akan menjauhi maksiat-maksiatNya.

Mimpi dapat merubah hidup kita. ya bermimpilah. Apakah mimpi anda hari ini? Allahu`alam bishshowab. aa_dys

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: