Homework: My sixteen things

Inilah homework pertama yang kudapatkan dari sahabatku di dunia maya, sebuah PR untuk menunjukkan siapa kita, sebuah postingan yang akan mengingatkan diri kita semua untuk jauh mengenal Allah,  saya rasa tidak terlalu sulit PR ini, karena mengenal diri adalah suatu keharusan bagi setiap muslim untuk meningkatkan keimanan kita, untuk perbaikan diri kita, kalau tidak tahu tentang kita bagaimana kita bisa menilai amal kita? apa yang harus diperbaiki,apa yang harus dipertahankan,apa yang perlu ditingkatkan? dan apa yang harus di jauhi,dibuang sejauh-jauhnya. karena “Tidak ada hukum kekalan karakter” . Kalau kita masih tidak mengetahui diri kita coba buka materi tentang ma`rifatullah:-) insyaAllah akan tahu siapa diri ini, kok bisa ya di coba aja…..

ok  friends, the homework is :

Rules:

1. Once you’ve been tagged, you are supposed to write a note with 16 random things,
facts, habits, or goals about you.
2. At the end, choose 16 people to be tagged.
3. You have to tag the person who tagged you.
4. If I tagged you, it’s because I want to know more about you.

Edi susilo seorang hamba yang berusaha membersihkan hati untuk menuju JannahNya adalah sebagai berikut:

1. Suka komentar

Jika ada sesuatu yang tidak pas menurut hati saya, maka ingin secepatnya saya mengomentari sesuatu itu, entah itu benar apa gak kalau tidak cocok dengan hati langsung saya komentari, namun kalau komentar saya salah sayapun segera istighfar dan mengakui kesalahanku sendiri. ..maka hati-hati aja kalau dari antum wa antuna yang gak pas akan saya  kritik hehe. tapi InsyaAllah aku siap juga dikritik:-)

2. Suka diskusi

Ini dia sifatku yang melekat akhir-akhir ini, setiap acara yang saya ikuti, kajian,dauroh,diskusi, rapat pasti saya akan unjuk gigi yang pertama insyaAllah, karena memang materi masih belum lengkap, dan masih tanda tanya dalam benakku maka langsung aja aku tanyakan, pernah ada suatu dauroh materinya 4 dalam sehari semalam dengan ustadznya cuman satu, saya pasti tanya setiap materinya dan yang pertama, sampai ustadznya hafal, dan bilang “Akh ini patut mendapatkan award penanya” hehe… Karena sidik punya sidik teman-teman saya ternyata mempunyai pendaman hampir sama, tentang suatu yang ditanyakan tetapi sulit menyampaikan, itu juga yang dulu sering melekat pada diriku, setiap acara sebetulnya saya ingin banget bertanya tapi pasti gagal, karena ragu, gak PD dan lain-lain yang membuat hatiku selalu ada tanda tanya setiap acara, alhamdulillah sekarang dah bisa kuwujudkan pendaman hatiku…:-)

3. Mudah kasian

Semoga ini adalah sifatku yang bisa menunjuki jalan ke Jannah ..Amien.. saya selalu teringat dengan salah satu hadits  Ar ba`in yang ke 13″ Tidak beriman sebelum kita mencintai orang lain seperti mencintai dir sendiri” itu juga yang aku jadikan salahsatu moto hidupku, aku ingin hidup ini bermanfaat bagi yang lain, sayapun sangat senang bila orang lain senang   walau saya sendiri harus menderita,,,eh sok pahlawan banget, tapi emang gitu friends:-)

4. Suka berbagi

Siapapun yang menjadi sahabat saya insyaAllah saya siap berbagi tentang apapun, karena berbagi adalah hal yang menyenangkan, tapi kalau sifatnya amniyah alias rahasia ya tolong disimpan gitu,karena saya sudah beberapa kali berbagi cerita yang rahasia eh kecolongan, ujung-ujungnya menyebar juga, sejak itulah terkadang saya harus bener-bener filter orang yang  saya ajak cerita, tapi kalau nerima cerita dari sahabat-sahabat tenang aja saya insyaAllah akan pendam dalam-dalam kalau itu emang yang terbaik:-)

4.Koleris

Mungkin inilah sifat yang perlu dikoreksi dari saya, hehe..tapi tidak mutlak lo hanya saat terentu aja ..tenang aja bagi kamu-kamu, itu sifat dulu yang melakat pada diri ini, sekarang i don`t know:-D , dulu ketika saya menjadi ketum sebuah organisasi di kampus di akhir kepengurusan ada yang memberi kritik cukup pedas, tapi saya senang menerimanya kritiknya “diktator” hehe.. apa bener sih dipikir-dan dipikir mungkin memang bener, tapi setelah kepengurusan selesai aku terjun ke SKI dia jadi staff saya lagi, gubrak:-D  jadi kurang efektif kayaknya , tapi semua ada hibrohnya..

5. Pemimpi

Karena ada sebuah kata bijak” Kenyataan hari ini adalah mimpi pendahulu kita, dan kenyataan yang akan datang adalah mimpi-mimpi kita” maka selama ini saya sering bermipi, bercita-cita yang  jauh diluar kemampuan saya sekarang, namun impian itu seringnya hanya dengan Allah aku bisikkan, tapi terkadang juga dengan orang-orang yang deket dengan aku, alhamdulillah mimpi itu banyak membantu memacu semangat hidupmu, sahabat mari bermipi seting-tingginya,, namun hanya satu mimpi yang tidak akan berubah dalam benakku” Penghuni Jannah” amien ya Rabb,,,apa mimpi sahabat??

6. Gak Fokus

Ini dia sifat yang belum aku temukan jawaban jalan keluarnya,, ada solusi dari sahabat-sahabat? Selama ini saya belum bisa fokus pada salah satu bidang, cuman dapat dikit-dikit dari berbagai bidang, jadinya kurang optimal, suka ber pindah-pindah konsentrasi,hehe ,di tunggu masukkannya.

7. Sensitif

Mungkin juga melekat pada diriku, setiap mendengar sesuatu yang  menyentuh hati kadang pengennya nangis, teringat ayah-ibuku dengan penuh pengorbanan demi anaknya ini pengennya nangis, , mudah terharu juga, temen lagi cerita tentang kesediahannya pengen nangis bareng, hehe tapi juga ingin tertawa bareng:-)

8. Humoris

Saya paling gak suka suasana yang tegang, seram, setiap detik pasti ada canda, hati ini rasanya ingin terhibur, suasana jadi sepi, mati tanpa humor, dengan siapapun senengnya humoris,tapi humor yang syar`i, karena Rosulullahpun ternyata juga suka bercanda namun tetep dalam koridor syar`i, itu juga yang menjadi salah satu rahasia kenapa Rosulullah tidak pernah sakit(sakit hanya satu kali menjelang bertemu Sang Pemilik Jiwa) terkadang kelewatan lagi ngobrol sama ustadz  eh keceplosan ngajak humor, kadang malu juga, tapi nyenengkeh lah, Namun disaat serius saya juga tidak bisa di ajak kompromi lho…” Setiap kata ada tempatnya, dan setiap tempat ada kata” hehe

9. Aktivis

Kalau ini mungkin suatu keharusan setiap muslim, karena setiap muslim harus menyumbangkan jiwa raganya untuk Din ini, dalam kerangka dakwah” Karena hanya dakwahlah yang  akan memuliakan diri kita di dunia maupun di akherat” Sahabat tanpa dakwah urat nadi ini seakan berhenti, hati ini akan kosong,pikiran akan bimbang, satu kata ” Isy Kariman A`umut Syahidan”  Saya suka mengadakan kegiata-kegiatan yang bernuansa dakwah dimana dan kapanpun insyaAllah.

10. Ceria

Pancaran cahaya wajah adalah cerminan hati ini, saya selalu berusaha untuk ceria walau hati lagi gundah, namun belum bisa sempurna, masih belum bisa menipu masih aja temen saya yang koment “kamu lagi ada masalah apa” kok murung? itu dulu sih,, InsyaAllah sekarang dah berubah insyaAllah lihat aja sendiri sekarang dah senyum terus:-D, hehe, Sahabat sebetulnya hanya ada satu masalah yaitu” Ketika kita tidak masuk surga” itu lah masalah kita, semoga kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

11. Simple

Satu kata koment dari sahabat saya waktu SMA” Kamu orangnya simple” ya mungkin itu bener aku orangnya simple tidak ingin yang aneh-aneh, yang biasa-biasa aja, sederhana, dan zuhud insyaAllah, tapi Kata ustadz Yani Al Hafidz zuhud itu ” punya mobil, dll ”😀 hehe,,,, kesederhanaan dunia akan menghantarkan kemewahan di akherat kelak, gemerlapnya dunia sama sekali tidak berarti bagi seorang muslim, karena dunia ini hanyalah tipu daya,kemewahan yang sementara dan bisa menyesatkan,

12. Calm

Apa bener aku orangnya kalem, entahlah itu salah satu koment dari sahabat saya, tapi ada yang koment juga  katanya aku crewet, ada juga yang koment kalem kalau waktu tidur:-D .. tapi memang aku pengennya calam n cool, hehe semoga bisa terwujud insyaAllah…mohon do`anya

13. Tegas

Tegas beda denga diktator lho,,, setiap kebenaran yang ada dalam benak saya akan saya tegaskan denga aplikasi yang riil, hati-hati yang tidak sepaham dengan saya, mungkin akan ada pertentangan hehe, karena menegakkan kebenaran adalah suatu keharusan, Amar ma`ruf nahi munkar insyaAllah

14. Teguh pendirian

Kalau mau debat saya ladeni insyaAllah hehe, sampai-sampai dulu saya setiap saat ketika dikost-kost an yang satu kamar dengan saya,(sekarang jadi Caleg PKS ) selalu berdebat sampai ada episode bersambung nya hehe..tapi ketika saya kalah karena saya memang salah insyaAllah juga menerima tidak ngeyel, sering teringat juga ” perdebatan yang lebih dari 3 kali maka sesat” tapi saya tanyakan ustadz kalaau diskusi itu beda konteknya dengan debat jadi kalau debat dalam diskusi boleh-boleh aja. Masih berlanjut tentang teguh pendirian saya sebelum dapat dalil yang kuat tentang suatu pendapat maka tetep pada pendirianku, tapi jelas pendapat saya harus berdasarkan pengetahuan yang bener. Pernah juga ada diskusi suatu forum saya tetep pada pendirianku(karena saya anggap memang bener)sampai akhir mufakatpun saya masih mengatakan” Saya menerima hasil mufakat, tapi saya tetep berpendapat pada pendapat saya” hehe karena mufakat harus kita terimkan walau tidak sesuai hati kita..

15. PD banget

Hehe inilah salah satu karakterku terlalu PD , taip gak GR an lho… setiap langkah inginnya inilah yang terbaik, aku orangnya paling suka memotivasi diri= kamu bisa,kamu mampu jadinya PD banget walau kadang jauh dari harapan..namun kadang berfikir ini masuk riya gak ya, coz riya itu penyakit yang berbahaya, bagaikan titik hitam di atas batu hitam, jadi tidak kelihatan, dan riya merupakan syirik kecil, ih  ngeri jadi takut.Ya Alah kami dari sifat riya ..Amien ya Rabb:-)

16. Cuex

Hati-hati sahabat..hehe gak usah takut…saya akan sangat cuex dengan orang yang marah sama saya aja, jadi tenang saja bagi kamu-kamu yang  tidak marah sama saya saya akan sangat bersahabat.. saya yakin pembaca tidak ada yang suka marah.amin..namun sebaliknya siapapun yang marah dengan aku tidak akan aku layani karena saya paling tidak suka dengan marah. Mungkin marah salah satu tujuannya ingin dapat perhatian ya..? tapi kalau saya marah ya di biarin aja, biar kapok:-D …

Alhamdulillah baru 16 yang saya tuliskan, sebetulnya  masih banyak karakter yang melekat dalam diri ini, tentu yang jelek-jelak dan yang baik-baik juga masih ada, namun homeworknya cuman 16 ya sementara itu insyaAllah, semoga bisa menjadi bahan evaluasi bagi diri ini, dan bisa bermanfaat bagi sahabat-sahabat tercinta,amien ya Rabb..

tag selanjutnya saya tautkan pada sahabat-sahabat:

1. Akh Agus cuprit

2.Akh Alimin

3. Akh Baktiar

4.Akh Banu

5.Akh Dian kresna

6.Akh Doni

7.Akh Habib

8.Akh iqbal

9.Akh Kurnia

10.Akh Oce

11.Akh Rudi susanto

12.Akh Sartono

13.Akh Triasmoro

14.Akh Tyo

15.Akh Bayu kakashi

16.Akh Narso

Temen-temen di garap yach..ayo gambare!!!

One response to this post.

  1. Assalamu’alaikum mas…
    Hehehe, gak mau banyak komen ah..
    yang jelas, PR ini sih buat lebih mengenal diri sendiri, karena mas edi yg paling tau siapa mas edi sebenarnya…

    Syukran dah dikerjakan…
    Semoga jadi motivasi…

Leave a Reply

