Haji Mabrur

Sedikit rekap kajian online IPTIJ Japan semoga bermanfaat

Abdullah bin mubarok seorang ulama sedang bermimpi mendengarkan percakapan dua malaikat. Malaikat satu berkata dari 600.000 ribu  orang yang berhaji hanya 6 orang yang diterima hajinya alias haji mabrur. Malaikat kedua” Tidak salah hitung tuch?” tanya malaikat. “Tidak sudah benar kok” jawab malaikat satunya. dan di timpali lagi”Namun akhirnya semua dari enam ratus ribu tersebut hajinya keterima semua  karena berkat satu orang”.

ibnu mu`afat namanya. ya dialah yang menjadikan sekian ribu orang diterima hajinya.Abdulllah bin mubarok akhirnya bertanya-tanya dan akhirnya bertamu ke pada ibnu Mu`afat. “Wahai sahabat apa rahasianya kok anda yang bisa menyebabkan beribu2 orang berhaji diterima” tanya Abdullah

Kemudian Ibnu Mu`afatpun bercerita “Saya setiap tahun ingin berhaji karena saya merasakan tidak puas dan ingin selalu berhaji tiap tahun agar menjadi haji yang mabrur. Sampai suatu saat pada malam hari istrinya yang sedang hamil yang lagi nyidam minta daging panggang.

“Maka saya mencarinya kemana-mana” tambah ibnu. Dan akhirnya tidak ada satupun yang menjual daging panggang. Sampai akhirnya ketemu sebuah rumah kecil yang sedang memanggang keledai” cerita Ibnu.

Kemudain Ibnu Mu`afat salam dan masuk ke rumah kecil tersebut. Kemudian tanya kepada seorang ibu. Sedang memanggang apa?” boleh beli atau tidak” tanya Ibnu. “Daging ini haram untuk anda” Jawaban yang tak terduga dari ibu tadi. Kemudian Ibnu kembali bertanya” Kenapa kok haram bagiku dan tidak bagi anak-anak yatim ini?”karena daging ini adalah keledai yang sudah mati kemudian saya panggang. jawab si ibu tadi. “Kenapa begitu “timpal lagi ibnu. ” Karena kami sudah tidak makan beberapa hari dan adanya cuma ini.

Dan si Ibnu akhirnya meng-iyakan “daging itu tidak haram bagi kalian”, kemudian selesai ngobrol dengan ibu tadi pulang dan istrinya sudah tidak nyidam lagi. dan akhirnya dana yang akan digunakan untuk naik haji diberikan kepada ibu tadi untuk makan para anak yatim. Itulah sebab kenapa Ibnu Mu`afat bisa memiliki pahala yang luar biasa.

Dan itu dilakukan pas hari Qurban. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari cerita di atas. Jadi keutamaan dari Qurban sungguh luar biasa, bisa lebih utama daripada yang berhaji.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: